Login or Register to make a submission.

Author Guidelines

PERSYARATAN KARYA ILMIAH

  1. Naskah merupakan hasil penelitian atau review hasil-hasil penelitian.

 

  1. Karya ilmiah terkait dengan Kesehatan yaitu, Ilmu Farmasi, Kedokteran, Ilmu Kimia (Kimia Organik Sintetis, Kimia Organik Bahan Alam, Biokimia, Kimia Analisis, Kimia Fisis), Ilmu Biologi (Mikrobiologi, Kultur Jaringan, Botani dan hewan yang terkait dengan produk farmasi), keperawatan, Kebidanan, Analis Kesehatan, Gizi dan Kesehatan Masyarakat.

 

  1. Hasil penelitian paling lama 3 tahun terakhir dan belum pernah dipublikasikan, kecuali naskah dari hasil review
  2. Naskah yang diterima akan diseleksi EDITOR AHLI

 

  1. Kriteria naskah yang diterima, terkait dengan kriteria di atas, informasi terbaru atau belum pernah dipublikasikan oleh pihak lain, tingkat keilmiahan metodologi penelitian yang digunakan.

 

  1. Mengikuti format JIM (Jurnal Ilmiah Manuntung) yang telah ditentukan

 

  1. Membayar biaya cetak dengan besaran sesuai dengan biaya cetak yang digunakan

 

  1. Seluruh isi karya ilmiah dan pernyataan merupakan tanggung jawab pemilik naskah

 

FORMAT PENULISAN

 

Naskah diketik satu spasi pada kertas HVS ukuran A4 dengan font Times New Roman, 11 point, dan pias dua sentimeter. Gambar dan tabel diletakkan di bagian akhir naskah. Gambar dan tabel dari publikasi terdahulu dapat dicantumkan bila mendapat persetujuan dari penulisnya. Panjang artikel maksimal 15 halaman.

 

Setiap halaman diberi nomor secara berurutan, termasuk halaman gambar dan tabel. susunan naskah dibuat sebagai berikut:

 

  1. Judul. Pada halaman judul dituliskan judul (12-14 kata) dalam bahasa Indonesia atau sesuai dengan teks naskahnya, nama setiap penulis, nama dan alamat institusi masing-masing penulis, dan catatan kaki yang berisikan kepada siapa korespondensi harus ditujukan, termasuk nomor telepon (dan ponsel, jika ada), faks, dan alamat e-mail.

 

  1. Abstrak dan Kata Kunci (Key Words). Abstrak dan kata kunci ditulis dalam Bahasa Inggris. abstrak berisi ringkasan pokok bahasan keseluruhan naskah tanpa harus memberikan keterangan terlalu rinci dari setiap bab, dan maksimal terdiri dari 200 kata. harus dihindari penggunaan singkatan. kata kunci minimal terdiri dari 3 kata, merupakan kata-kata yang merepresentasikan judul dan isi makalah. kata kunci ditulis berurutan dari yang bersifat khusus/spesifik ke umum.

 

  1. Pendahuluan. Bab ini harus memberikan latar belakang yang mencukupi—juga tujuan penelitian—sehingga pembaca dapat memahami dan mengevaluasi hasil dari penelitian yang dilaksanakan tanpa harus membaca sendiri publikasi sebelumnya yang berhubungan dengan topik terkait. Untuk itu, harus digunakan pustaka yang benar-benar mendukung.

 

  1. Bahan dan Metode. Bab ini harus berisi informasi teknis yang cukup sehingga peneliti lain dapat berhasil mengulangi percobaan menggunakan teknik yang dikemukakan. Jika kondisi khusus diperlukan, misalnya dalam hal sentrifugasi, harus diberikan informasi pasti mengenai merek mesin, model rotor, suhu, waktu pada kecepatan maksimum, dan kekuatan sentrifugasi (dalam x g). Untuk bahan dan metode yang sudah lazim, misalnya media dan determinasi konsentrasi protein, cukup dengan menyebutkan pustaka yang diacu. Jika terdapat berbagai teknik alternative yang sudah umum digunakan, harus disebutkan secara ringkas kekhasan teknik alternatif yang dipilih. Jika yang digunakan merupakan metode baru, harus diuraikan secara lengkap. Demikian pula, harus disebutkan jelas mikroba yang tak lazim digunakan. Jika digunakan banyak galur atau mutan, disajikan dalam bentuk tabel yang dilengkapi keterangan tentang identitas (nama, kode, nomor koleksi, sumber, dan sifat-sifat (fisiologi atau genetika) masing-masing galur, mutan, bakteriofag, plasmid. sebuah metode dan galur yang digunakan hanya sekali dalam serangkaian percobaan yang dilaporkan dapat diterangkan secara ringkas pada Bab Hasil atau pada catatan kaki tabel atau legenda gambar.

 

  1. Hasil dan Pembahasan. Bab ini berisi hanya hasil-hasil penelitian, baik yang disajikan dalam bentuk tubuh tulisan, tabel, maupun gambar. Penggunaan grafik secara berlebihan sebaiknya dihindarkan bila dapat disajikan dalam bentuk tubuh tulisan secara singkat. Penggunaan foto hanya untuk yang nyata-nyata mewakili hasil penemuan. Gambar dan tabel harus diberi nomor secara berurutan dan dikutip dalam tubuh tulisan. Gambar dalam bentuk grafik dapat dibuat dengan menggunakan komputer yang hasilnya di-print menggunakan laser atau inkjet printer (bukan berupa hasil scan). Keterangan grafik ditulis terpisah dari gambar grafik untuk memudahkan pengaturan gambar. Pembahasan berisi interpretasi dan analisis yang komprehensif dari hasil penelitian yang diperoleh dan

 

pembahasan yang dikaitkan dengan hasil-hasil yang pernah dilaporkan. Pengulangan penyajian metode dan hasil penelitian serta hal-hal yang telah diungkapkan di Bab Pendahuluan harus dihindarkan.

 

  1. Simpulan. Bab ini berisi hal-hal yang terkait hipotesis dan tujuan penelitian.

 

  1. Ucapan Terima Kasih. Bab ini dapat ditambahkan jika diperlukan, digunakan untuk menyebutkan sumber dana penelitian yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi atau orang yang membantu pelaksanaan penelitian dan/atau penulisan laporan.

 

  1. Daftar Pustaka. Sebagian besar pustaka harus diacu dari sumber primer. Pustaka yang terkait dengan metodologi, teknologi dan masalah teknis lain yang digunakan merupakan terbitan 10 tahun terakhir. Daftar Pustaka ditulis berdasarkan sistem Vancouver. susunan daftar pustaka dibuat sesuai dengan urutan nomor penampilan dalam teks. Jika penulis kurang dari 6, maka nama penulis dicantumkan semua. Namun jika penulis lebih dari 6, hanya 6 nama penulis yang dicantumkan selanjutnya dituliskan dkk. atau et al. Beberapa contoh penulisan daftar rujukan:

 

  1. a.     Majalah atau jurnal dan jurnal elektronik

 

  • Namal N, Vehit HE, Koksal S. Do autistic children have higher levels of caries? A cross-secional study in Turkish children. J Indian Soc Pedod Prev Dent. 2007 June;25(2): 97-102

 

  • Rondo PHC, Vaz AJ, Moraes F. The relationship between salivary cortisol concentrations and anxiety in adolescent and non-adolescent pregnant women. Braz J Med Biol Res [internet]. 2004 [cited 2011 May

 

5];37(9):1403-9.Available from:http:/ /www.scielo.br /pdf/bjmbr /v37n9 /5400.pdf

 

b.   Buku dan Buku Elektronik

 

  • Speroff L, Fritz MA. Clinical gynaecologic endocrinology and infertility. 7th ed. Philadelphia: Lippincott Williams and Wilkins; 2005. Chapter 29, Endometriosis; P.1103-33.

 

  • Jontel M, Holstrup P. Red and white lesion of the oral mucosa. In: Burket

LW, Greenberg MS, editors. Burket’s Oral Medicine. 11th ed. [monograph

 

online] 2008. [cited 2011 May 5] Available from: http://www.tpub.com/content/medical/14274/css/14274_55.htm

 

  1. c.      Bab dalam buku

 

  • Suffness M and Pezzuto JM. assay related to cancer drug discovey. In: Dey PM and harborne JB, editors. Methods in plant biochemistry. London: Academic Press; 1991. p. 71-133.

d.   Abstrak

 

  • Choudhary R. Role of phytohormones on the cultivar and essential oil of Ocimum canum Sims, a potential source of citral [abstract]. Indian parfum 1989;33:224-7 (Chem abstr 1991:114,37669y).

 

  1. e.      Prosiding

 

  • Sumatra M. Bioassai in vitro dengan sel leukemia L 1210, sebuah metode skrining zat antitumor dari bahan alam. Prosiding Seminar Bioteknologi Kelautan Indonesia 1, Jakarta 14-15 Oktober,1998:183-188

 

  1. Skripsi/Tesis/Disertasi

 

  • Sutarga IM. Faktor-faktor risiko terjadinya anemia ibu hamil di wilayah Puskesmas Abiansemal II Kecamatan Abiansemal Kab, Dati II Badung, Bali [thesis]. Surabaya: Universitas Airlangga; 1994.

 

  1. g.     Majalah dari Internet

 

  • Morse SS. Factors in the emergence of infections disease. Emerg Infect Dis[serial online]. 1995 Jan-Mar;1(1): [24 tayangan] diambil dari URL:http://www/cdc/gov/ncidoc/EID/eid.htm. diakses 25 Desember,1999.

h.   Situs Web

 

  • Jackle A, Lynn P, Sala E. Validating survey data : experiences using employer records and governmental benefit data in the UK. 2003. Cathie Mars Centre for Census and Survey research website. Website : http://. Diunduh pada 24 feb 2005

 

 

  1. PENGIRIMAN NASKAH

 

a. Naskah dapat dikirim ke alamat: Kampus Akademi Farmasi Samarinda Jl. Brig. Jend. A.W. Syahranie No. 226; atau langsung kirim ke e-mail: ejournal.akfarsam@gmail.com

 

b.Jika naskah dikirim melalui POS, terdiri dari satu rangkap asli dan satu

 

rangkap      hasil       foto      copy,      serta      soft       copy       (CD)